Yuk bantu kucing kesayangan turunkan berat badan!

Menelantarkan hewan peliharaan sampai kurus kering tentu bukan hal yang baik. Namun memanjakan peliharaan hingga mereka terlalu gendut dan obesitas juga buruk. Jika kucing Anda sudah terlihat terlalu gendut dan obesitas, lakukan beberapa cara ini untuk menurunkan berat badannya, seperti dilansir oleh She Knows (22/06).

1. Mainan baru
Jika biasanya Anda memanjakan kucing dengan makanan, ganti sekarang juga. Alih-alih memberinya cemilan, berikan dia mainan baru yang bisa membuatnya bergerak dan sibuk di dalam rumah. Banyak bergerak akan membuat kucing mudah menurunkan berat badan

2. Lampu laser
Kucing sangat menyukai lampu laser yang bergerak-gerak. Mereka senang mengejarnya. Gunakan lampu laser untuk mengajak kucing Anda bermain. Dia akan berlari-lari mengejar lampu tersebut dengan senang. Anda tak perlu capek, sementara kucing Anda tanpa sadar sedang berolahraga.

3. Tempat vertikal
Sediakan tempat vertikal yang bisa digunakan kucing untuk melompat-lompat. Anda bisa membeli 'pohon kucing' yang bisa digunakannya bermain. Jadi ketika Anda sedang tak ada di rumah, dia bisa bermain sendiri dan melompat-lompat untuk membakar lemak dan energi.

4. Olahraga makanan
Jika kucing gendut Anda terlalu pemalas dan tak mau olahraga, hanya makan dan minum, lakukan trik ini. Buat dia bergerak untuk mendapatkan makanan dan minumannya. Pisahkan tempat makan dan minum sehingga dia harus bergerak untuk mencapainya. Dengan begitu, dia sudah bergerak dan membakar kalori. Jika rumah Anda dua lantai, Anda bahkan bisa meletakkan makanan dan minuman di lantai yang berbeda, sehingga dia akan berusaha dan bergerak lebih banyak.

5. Makanan bergerak
Hampir sama dengan taktik di atas. Namun yang satu ini melibatkan majikan. Buat acara makan menjadi semakin aktif dan interaktif. Berikan makanan sedikit-sedikit sambil bergerak ke sana kemari. Dengan begitu kucing akan mengikuti Anda dan bergerak membakar kalori. Biarkan juga dia melompat-lompat untuk meminta makan. Buat acara makan menjadi permainan yang seru.

6. Benda lain
Selain mainan, kucing terkadang suka bermain dengan hal lain seperti kardus, kotak, kertas, dan lainnya. Pastikan Anda meletakkan benda-benda itu di tempat tinggi. Ketika dia ingin bermain dengan benda-benda tersebut, dia harus melompat dulu. Ini salah satu cara membuatnya berolahraga dan membakar kalori.
Itulah beberapa olahraga ringan di dalam rumah yang bisa Anda lakukan untuk membantu kucing menurunkan berat badan.
[kun-merdeka.com]
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom