Kucing juga memiliki bahasa tubuh

Berbagai macam ekspresi kucing dan artinya dalam video yang dibuat oleh The Cats Protection. Dailymail.co.uk
London – Bagi pemilik kucing, komunikasi dengan hewan lucu ini bukanlah hal yang sulit. Mereka bisa mengerti apa yang diinginkan si kucing lewat bahasa tubuh atau ikatan batin yang terjalin. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah yayasan kucing di Inggris mengungkapkan, kucing memang memiliki bahasa tubuh universal yang bisa dipahami oleh manusia. 

“Dengan meneliti sebuah video, mereka berhasil mematahkan mitos yang menyatakan menjilat bibir pertanda kucing sedang lapar,” tulis Daily Mail, Rabu, 31 Juli 2013. Begitu juga dengan mitos yang menyatakan kucing ingin perutnya dibelai ketika mereka berguling.

Tiga per empat dari pemilik kucing tidak tahu ekor yang tegak menunjukkan bahwa si kucing senang melihat mereka dan si kucing ingin mengucapkan salam. Sementara itu, ketika kucing berbaring dengan punggung mereka, ini menunjukkan si kucing sedang merasa santai dan memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada si empunya. Saat itulah si kucing berharap mendapat belaian.

Nicky Trevorrow, seorang ahli perilaku kucing yang bekerja di yayasan ini menyatakan, pemilik kucing seringkali digigit atau dicakar ketika mereka membelai perut si kucing. Hal ini menandakan, si kucing merasa pemiliknya menyalahgunakan kepercayaan yang kucing berikan.

Trevorrow juga memperlihatkan bagaimana kedipan kucing begitu berarti. Ketika ia berkedip lambat, berarti kucing sedang merasa tenang dan puas. Lalu, ketika kucing merasa takut, mereka seakan meratakan telinga mereka. Saat itulah, kucing membutuhkan tempat persembunyian. Jika ini terjadi, pemilik tidak boleh berusaha menghibur si kucing. Pasalnya, itu hanya akan menambah rasa takut dan stres kucing.

Lewat video yang diunggah Nicky dan rekan-rekannya, ia berharap para pemilik kucing bisa lebih memperhatikan perilaku dan bahasa tubuh hewan lucu ini. Pemilik bisa tahu kapan kucing merasa bahagia dan kapan kucing merasa stres.
 

©2009 - 2021 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom