Menguap jadi tanda empati anjing pada pemiliknya

Jika Anda menguap karena kelelahan atau kebosanan, anjing setia Anda juga akan meniru perilaku tersebut. Sayangnya, ini tidak terjadi pada anak anjing yang berusia 7 bulan atau di bawahnya. Selain belum mengembangkan rasa empati kepada majikannya, mereka mungkin terlalu sibuk untuk mengunyah sepatu atau berlompatan kesana-kemari.

Para peneliti di Swedia menjelaskan bahwa anjing, seperti manusia, secara bertahap menjadi sering menguap ketika mereka beranjak tua. Peneliti mencatat bahwa menguap yang menular menjadi tanda empati, serta respon yang menunjukkan kelelahan atau kebosanan.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Elainie Alenkaer Madsen dan Tomas Persson di Universitas Lund, mengamati respon dari 35 anjing yang berusia antara 4 sampai 14 bulan, ketika manusia menguap berulang kali di sekitar mereka, sebagaiman dilansir Health.com, (24/10).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anjing yang berusia di atas 7 bulan menunjukkan tanda-tanda menguap yang menular. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anjing menjadi lelah dengan sendirinya ketika mendapati majikannya menguap. Kesimpulannya, empati perlahan berkembang selama tahun pertama kehidupan anjing.

Studi ini dipublikasikan secara online tanggal 17 Oktober di jurnal Animal Cognition.
[des-merdeka.com]
 

©2009 - 2021 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom