Kucing juga memperhatikan tuannya

Selama ini kucing dikenal sebagai hewan yang misterius, cuek, dan tak pernah memperhatikan majikan mereka. Berbeda dengan anjing yang tampak selalu senang bermain dengan majikan mereka, kucing terlihat lebih santai dan tak peduli.

Namun semua anggapan tersebut ternyata salah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meski kucing jarang mematuhi majikannya, mereka ternyata memperhatikan dan bahkan mengagumi majikan mereka, seperti dilansir oleh Times of India (06/07).

Atsuko Saito, asisten peneliti dari University of Tokyo menjelaskan perbedaan anjing dan kucing. Anjing telah berevolusi sangat jauh untuk bisa mengikuti dan mematuhi majikan mereka, sementara kucing tak begitu. Inilah yang membuat kucing terlihat cuek dan seringkali tak peduli. Meski begitu, mereka juga menunjukkan bahwa kucing selalu bersikap seperti anak-anak ketika berada di sekitar majikannya.

Hubungan seperti anak dan orang tua juga diterapkan oleh kucing pada majikannya. Untuk itu, perhatian yang diberikan majikan sangat penting bagi kucing. Kucing juga diketahui bereaksi terhadap suara majikannya. Namun berbeda dengan anjing yang menunjukkan dengan perilaku, kucing tidak menunjukkannya dengan sahutan suara atau goyangan ekor.

Sebagai gantinya, mereka seringkali menunjukkan dengan melebarkan pupil mata yang bisa menjadi tanda emosi yang kuat seperti ketertarikan dan rasa senang. reaksi ini semakin sering terjadi ketika kucing mendengar suara majikan mereka



 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom