10 Tanda anjing dan kucing yang terkena kanker

Bukan cuma manusia yang bisa kena kanker, ternyata binatang peliharaan pun bisa, khususnya anjing dan kucing. Lantas seperti apa tandanya? Kenali seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

Benjolan
Tidak semua benjolan yang terdapat pada tubuh anjing maupun kucing adalah tanda kanker. Namun tidak ada salahnya memastikan hal tersebut ke dokter hewan.

Aroma tidak sedap
Jika anjing atau kucing mengeluarkan aroma tidak sedap dari dalam mulut, telinga, atau bagian tubuh lain, coba periksa segera.

Kondisi kesehatan
Kucing atau anjing yang muntah, mengeluarkan darah, atau diare bisa jadi tanda kanker. Kondisi kesehatan yang tidak wajar itu pun sebaiknya dikonsultasikan ke dokter hewan.

Luka tak sembuh-sembuh
Jika anjing atau kucing memiliki luka yang lama sekali sembuhnya, artinya binatang peliharaan mungkin terkena infeksi, penyakit kulit, atau kanker.

Penurunan berat badan
Kanker juga membuat binatang peliharaan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Nafsu makan menurun
Anjing dan kucing tidak akan mengalami penurunan nafsu makan tanpa sebab yang jelas. Meskipun kanker bukan satu-satunya hal menyebabkan hal itu, namun konsultasi ke dokter hewan sangat dianjurkan.

Batuk dan sulit bernapas
Batuk dan sulit bernapas bisa dipicu oleh penyakit jantung, paru, dan kanker.

Depresi
Jika kucing atau anjing bersikap berbeda, seperti banyak tidur, jarang bermain, dan terlihat malas, mungkin mereka terkena kanker. Sebab depresi juga termasuk salah satu tanda penyakit kanker.

Kebiasaan buang air
Perubahan saat buang air, entah itu semakin sering, jarang, atau mengeluarkan darah, adalah kondisi yang perlu diwaspadai. Sebab bisa jadi itu adalah tanda penyakit kanker.

Kesakitan
Saat kucing dan anjing berjalan kaki dan terlihat terseok-seok atau kesakitan, mungkin mereka terkena radang sendi atau kanker - khususnya kanker tulang.

Itulah berbagai tanda anjing dan kucing yang terkena kanker. Jika tanda-tanda tersebut muncul, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter hewan.


 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom