Mana yang lebih mahal, memelihara kucing atau anjing?

Jika Anda berpikir untuk memelihara binatang, sebaiknya pertimbangkan pengeluaran yang akan Anda habiskan. Berikut ini, Care2 pun membantu Anda menganalisis perbandingan pengeluaran antara memelihara kucing dan anjing. Mana yang lebih mahal?

Anjing pada umumnya membutuhkan makan, biaya kesehatan, mainan, perizinan, asuransi, dan biaya lain-lain dalam setahun.

Sementara itu untuk kucing, biaya pemeliharaannya sebenarnya tak jauh berbeda dengan anjing. Bedanya, kucing butuh pasir untuk tempat buang air namun tidak perlu mengurus perizinan jika ingin memeliharanya.

Sekadar informasi, surat izin anjing biasanya harus dimiliki jika binatang peliharaan akan dibawa ke luar negeri atau berasal dari negara lain dan ingin masuk ke Indonesia.

Baik anjing dan kucing butuh perawatan untuk bulunya. Meskipun kucing dengan bulu panjang cenderung lebih banyak membutuhkan biaya perawatan di salon.

Beberapa jenis pengeluaran lain untuk anjing maupun kucing adalah tas atau keranjang, tali leher, biaya kebiri atau melahirkan, sampai dengan kandang.

Itulah berbagai pengeluaran yang harus Anda persiapkan untuk memelihara binatang. Harganya bisa beragam tergantung jenis peliharaan dan lokasi tempat tinggal. Namun setidaknya analisis pengeluaran tersebut bisa Anda pertimbangkan untuk menentukan pilihan binatang yang akan dipelihara.
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom