7 Tips memilih anjing

Ingin memelihara anjing? Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukannya. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini. 

Induk anjing 
Memelihara anjing memang sebaiknya dilakukan ketika anjing masih kecil. Namun pastikan Anda juga mengetahui induk dari anjing tersebut. Sebab biasanya anak anjing memiliki kepribadian seperti induknya. 

Tes kesehatan 
Sebelum benar-benar memelihara anjing, lakukan tes kesehatan pada calon binatang peliharaan Anda. Misalnya apakah dia berkutu, jamur, atau bagian tubuhnya ada yang luka. 

Peternak anjing 
Biasanya, jika Anda ingin mengadopsi anjing langsung ke peternak, mereka akan memberikan puluhan pertanyaan. Jadi jawab semua pertanyaan dengan baik dan apa adanya untuk memastikan Anda memang cocok memelihara anjing atau tidak. 

Usia adopsi 
Anjing biasanya baru bisa dipisahkan dengan induknya pada minggu ke-12 setelah dilahirkan. Saat itu, anjing biasanya sudah bisa makan, minum, dan buah air sendiri. 

Bertemu dengan anjing 
Biasanya, anjing cukup cemas jika berinteraksi dengan pemilik yang baru. Jadi pastikan Anda melakukan pendekatan dengan baik dan pelan-pelan terhadap anak anjing yang akan diadopsi. 

Jangan sampai tertipu 
Beberapa breeder anjing terkadang cukup nakal. Misalnya berbohong tentang kesehatan anjing atau memberikan harga adopsi yang terlalu mahal. Lakukan konsultasi dengan teman agar tidak sampai tertipu peternak anjing. 

Ke dokter hewan 
Sudah dapat anjing peliharaan? Saatnya pergi ke dokter hewan. Pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan demi mencegah berbagai penyakit, misalnya pemberian vaksin atau vitamin lainnya.

Itulah tips memilih anjing peliharaan yang tepat. Pernah punya pengalaman memelihara anjing juga?
Ilustrasi anjing. ©Shutterstock/Petr Jilek












(Rizqi Adnamazida: Merdeka.com)
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom