5 Risiko kesehatan dari binatang peliharaan

Binatang peliharaan sering dianggap sebagai salah satu anggota keluarga yang paling disayang. Namun ternyata kehadiran mereka juga membawa risiko kesehatan. Seperti apa misalnya? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Good Housekeeping berikut ini.

Cakar kucing
Kuku kucing bisa menjadi penularan infeksi bakteri berbahaya pada manusia. Beberapa masalah kesehatan akibat dicakar kucing adalah bengkak, memerah, gatal, sakit kepala, pusing, hingga demam.

Salmonella
Jauhkan makanan binatang peliharaan dari jangkauan anak-anak karena adanya kemungkinan mengandung salmonella - bakteri yang bisa menyerang usus kecil. Jangan lupa mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan makanan binatang peliharaan.

Air minum
Sama seperti makanan binatang peliharaan, air minum mereka pun bisa menularkan bahaya kesehatan serupa. Oleh sebab itu Anda harus rajin membersihkan tempat makan binatang peliharaan setiap hari.

Kutu
Apakah binatang peliharaan Anda memiliki kutu di tubuhnya? Jika iya, segera atasi masalah itu. Sebab meskipun kutu binatang peliharaan tidak sanggup hidup di rambut manusia, mereka tetap bisa menggigit Anda.

Parasit
Kotoran dari binatang peliharaan adalah salah satu ancaman kesehatan terbesar bagi Anda dan keluarga. Pastikan Anda membersihkan kotoran binatang peliharaan setiap hari dan mencuci tangan setelah melakukannya.

Itulah berbagai risiko kesehatan yang mengancam jika Anda memelihara binatang. Namun selama Anda mampu menjaga kebersihan diri dan peliharaan, tidak perlu terlalu takut jika masih ingin berdekatan dengan anjing atau kucing kesayangan.
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom