4 Penyebab Hewan Senang Merusak Barang

Cakar Kucing Ilustrasi
Furnitur di rumah Anda seringkali dirusak hewan peliharaan?
Sofa koyak karena dicakar kucing atau anjing memang menyebalkan, terlebih jika harus merogoh kocek untuk memperbaiki furnitur yang rusak. Kebiasaan merusak yang dilakukan hewan peliharaan perlu dicegah dengan cara mengetahui apa penyebab timbulnya kebiasaan ini. Jika hewan kesayangan sudah menunjukkan gejala-gejala destruktif, Anda dapat segera melakukan tindak pencegahan.

1. Takut kesepianAnjing biasanya merasa panik jika ditinggal sendirian di malam hari atau saat pemiliknya tidak berada di rumah. Rasa panik ini biasanya ditunjukkan dengan cara menggonggong terus-menerus atau mencakar pintu. Biasanya hal ini dilakukan jika anjing sudah terlalu sering bersama pemiliknya dan jarang ditinggal sendirian. Solusinya, sediakan kandang khusus yang nyaman atau mencari hewan peliharaan lain agar tidak kesepian.

2. Mencari perhatianJika hewan peliharaan mulai berisik, mungkin ini tanda mereka ingin mencari perhatian Anda. Mungkin sudah waktunya si Doggy diajak bermain atau diberi makan. Beri perhatian dan manjakan agar hewan merasa nyaman.

3. Merasa tergangguBeberapa hewan memiliki fobia terhadap suara bising yang dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Misalnya bunyi petasan, kembang api, atau bunyi bisingnya lalu-lintas. Agar hewan tidak terganggu sediakan tempat tidur yang nyaman di dalam ruangan yang jauh dari sumber keramaian. Segera tenangkan jika hewan mulai merasa panik.

4. BosanHewan juga bisa merasa bosan. Lama ditinggal sendirian atau tidak memiliki aktivitas bisa membuat hewan menjadi rewel dan sulit dikontrol. Selalu sediakan mainan dan atur jadwal bermain setiap hari. Selain mencegah rasa bosan, juga untuk membuat hewan peliharaan Anda tetap aktif bergerak.

Dari berbagai sumber / (rere/yb-tabloidbintang)
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom