Layaknya manusia, anjing juga bisa stres

Sebagai hewan peliharaan, ternyata anjing memiliki masalah kesehatan yang sama seperti manusia. Meskipun tidak bisa bicara dan mengekspresikan perasaan, anjing juga bisa stres. Sebenarnya, ada beberapa penyebab anjing kesayangan menjadi stres. 

Perubahan gaya hidup.
Maksudnya, pindah ke rumah baru, memiliki bayi, atau bahkan sering ditinggal majikannya. Seluruh keadaan itu membuat anjing sebagai hewan yang hidup dalam rutinitas tertentu menjadi stres saat pola hidupnya terganggu.  

Sakit.
Entah itu anggota keluarga atau hewan peliharaan lain yang sakit maupun meninggal, anjing bisa sangat terpengaruh. Anjing memiliki perasaan yang kuat. Jadi saat majikannya bersedih, mereka juga akan merasakan hal yang sama. 

Luka.
Depresi pada anjing pun bisa dipicu dari serangan anjing, luka, atau penyakit yang diderita.  

Depresi musiman.
Musim hujan, kemarau, pancaroba, atau apapun rupanya juga mempengaruhi kondisi anjing. Benar-benar mirip manusia yang cenderung mudah terserang penyakit saat pergantian musim.
Lantas apa yang harus dilakukan oleh pemilik anjing jika tahu hewan kesayangan mereka stres? She Knows (12/09) membagikan tips untuk menolong anjing yang depresi.

Dokter hewan
Saat anjing bertingkah tidak seperti biasanya, langsung hubungi dokter hewan. Sebab kebanyakan gejala depresi diawali dengan gangguan kesehatan, misalnya kehilangan semangat seperti yang sudah disebutkan.

Mainan baru
Terkadang, hal sepele seperti mainan baru bisa memperbaiki suasana hati yang buruk. Mungkin saja depresi pada anjing disebabkan oleh kebosanan atas mainan lama mereka.

Perhatian
Jika Anda menyadari bahwa Anda sering meninggalkan anjing, mulai ubah kebiasaan itu. Tunjukkan bahwa Anda menyayangi dan perhatian pada anjing. Ajak hewan kesayangan lebih sering jalan-jalan atau aktivitas lain yang disukai anjing.

Penitipan
Apabila Anda tetap tidak bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama anjing, sebaiknya titipkan saja mereka. Sebab di tempat penitipan, anjing tidak akan merasa kesepian dan mencegah mereka dari depresi.

Pengobatan
Saat anjing sudah benar-benar tidak tertolong, obat-obatan adalah jawaban terakhir dari masalah ini. Biarkan dokter hewan yang langsung menangani kondisi anjing Anda.
Sebagai informasi tambahan, anjing yang stres biasanya akan kurang bersemangat. Kebiasaan makan dan tidur mereka juga berubah. Jadi, jangan sampai mengabaikan anjing jika mereka bertingkah demikian!
[riz-merdeka.com]
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom