Hati-hati tidur dengan hewan peliharaan!

Sebagai majikan, Anda tentu ingin hewan peliharaan terawat dengan baik dan merasa nyaman. Namun, jangan biarkan mereka berbagi tempat tidur dengan Anda. Karena penyakit hewan peliharaan juga bisa menular pada manusia.

Jane Heller, dokter hewan di Charles Sturt University mengatakan bahwa selalu ada risiko untuk saling bertukar bakteri atau parasit yang bisa menyebabkan penyakit. pertukaran ini bisa terjadi dari hewan ke manusia atau sebaliknya.

Heller menyarankan para pemilik hewan peliharaan untuk mengawasi kebersihan hewan peliharaan dan memastikan interaksi yang terjadi antara hewan dan manusia telah cukup aman dan terjaga. Majikan juga diharapkan mampu mengatasi luka akibat gigitan atau cakaran hewan peliharaan dengan baik agar tak menimbulkan infeksi.

"Untuk orang normal dengan sistem imun sehat, risiko terkena penyakit dari hewan peliharaan tergolong rendah, bahkan jika Anda tidur dan terkena bakteri dari mereka. Namun risiko ini bisa tinggi bagi mereka yang memiliki sistem imun rendah seperti anak-anak, manula, wanita hamil, pasien kanker yang menjalani kemoterapi, atau orang dengan penyakit kekebalan tubuh seperti HIV," jelas Heller, seperti dilansir oleh Times of India (24/08).

Heller merekomendasikan pemilik hewan peliharaan untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan mereka. Terutama dilakukan sebelum makan. Selain itu, tempat menyiapkan makan bagi hewan dan manusia juga perlu dibedakan dan diletakkan di tempat yang berjauhan.

"Tak harus berlebihan mewaspadai risiko penyakit yang ditularkan dari hewan peliharaan. Namun Anda juga harus selalu waspada dan tahu cara menjaga kebersihan agar tidak sampai tertular bakteri atau parasit," tambah Heller.

Selain menjaga kebersihan saat bersentuhan dengan hewan peliharaan, memastikan kebersihan tubuh dan kandang hewan juga perlu diperhatikan. Bakteri dan parasit bisa tumbuh pada hewan yang kotor dan tidak terawat.
[kun-merdeka.com]
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom