Melatih Anak Anjing Buang Air (Toilet Training)

Bukan anak-anak kita saja yang bisa diajarkan buang air dikamar mandi (Toilet Training) tetapi pada anjing kesayangan kita juga bisa diajarkan atau dilatih buang air ditempat yang seharusnya.
Karena memiliki kantung kencing yang kecil dan saluran pencernaan yang belum sempurna maka anak anjing lebih sering buang air kecil dan besar daripada anjing dewasa. Anjing ini belum tahu caranya menahan buang air kecil dan besar.
Anda harus mengajak anak anjing ke tempat yang seharusnya ia melakukan buang air setelah makan dan minum. Usahakan selalu ditempat yang sama agar anak anjing mengerti tempat itu harus melakukannya. Anak anjing atau anjing dewasa akan melakukan gerakan pemberitahuan sebelum melakukan buang air. Biasanya anjing akan berputar-putar disatu tempat sambil mengendus-endus tempat yang dituju.
Ada beberapa langkah untuk melatih anak anjing buang air ditempat yang benar.

1. Apabila anak anjing menunjukan gejala mau buang air yaitu mengendus-endus (sniffing) dan berputar-putar segeralah bawa ke tempat yang seharusnya.
2. setelah kegiatan makan dan minum segera bawa ke tempat yang seharusnya supaya kalau mau buang air kecil maupun besar dapat dilakukan ditempat yang seharusnya.
3. Lakukan kegiatan tersebut diatas sesering mungkin karena membuat anjing akan terbiasa dan selalu mengingat melakukan ditempat yang seharusnya.
4. Berikanlah pujian apabila ia melakukan ditempat yang benar.

Apabila anda selalu mengajak ke tempat yang sama untuk buang air, cepat atau lambat anjing akan mengingat tempat yang benar untuk buang air dan menagih pujian Anda.

Yanti, pet doctor 
 

©2009 - 2018 DRH ILMAN DKK Clinic Shop Groom