Gastritis Akut Pada Anjing

Etiologi
Ingesti makanan basi atau terkontaminasi, benda asing, tanaman beracun, zat kimia dan obat yang mengiritasi, sering menyebabkan gastritis akut. Penyebab infeksi viral dan bakterial tidak teridentifikasi dengan baik pada anjing dan kucing tetapi mungkin dapat ditemui.

Gejala klinis
Anjing umumnya terinfeksi karena kebiasaan makannya yang tidak pilih-pilih. Gejala awal biasanya terlihat muntah akut; muntah berupa makanan dan sekret empedu, dan terkadang disertai sedikit darah. Hewan yang terinfeksi biasanya menjadi tidak nafsu untuk makan dan merasa sakit. Demam dan sakit pada abdomen tidak umum.

Diagnosa
Hewan terlihat memakan sesuatu yang mengiritasi, gastritis akut biasanya disimpulkan dari sejarah dan pemeriksaan fisik yang ditemui. Radiografi abdominal dan data patoligi klinik mengindikasikan jika hewan sakit atau jika ada dugaan penyakit lain. Tertelan benda asing, obstruksi, parvoviral enteritis, uremia, diabetes ketoasidosis, hypoadrenocorticism, sakit liver, hiperkalsemia, dan pankreatitis dirasa tidak tepat, maka diagnosa yang tepat adalah gastritis akut. Jika muntah masih berlangsung 1 – 2 hari setelah diberi terapi simtomatik dan cairan, maka diagnosa diatas bisa jadi benar. Meskipun pankreatitis masih harus dikoreksi. Gastroskopi pada hewan dapat mendiagnosa jika adanya erosi empedu dan lambung atau hiperemia.

Gastritis akut menunjukkan gejala yang beragam sesuai dengan penyebabnya (misalnya benda asing, intoksikasi). Sejarah dan pemeriksaan fisik yang baik diperlukan. Pemilik harus mengawasi hewan peliharaannya dan jika kondisinya memburuk atau tidak ada perbaikan dalam 1 – 3 hari perlu dilakukan pemeriksaan darah, biokomia serum dan urinalisis.

Prognosis
Prognosa fausta selama keseimbangan cairan dan elektrolit dipertahankan .

Pengobatan
Prinsip terapinya adalah terapi cairan parenteral, mempuasakan makan dan minum selama 24 jam untuk mengontrol muntah. Jika muntah persisten atau berlanjut, atau jika hewan menjadi depresi karena muntah pemberian anti emetika (prochlorperazine, metoclopromide, ondasetron) dapat diberikan secara parenteral. Ketika pemberian makan dimulai sejumlah air dapat diberikan sering dalam jumlah yang sedikit. Jika hewan minum tanpa muntah, sejumlah makanan lunak dapat diberikan. Antibiotik dan kortikosteroid jarag diindikasikan.